Header Ads Widget

TRAVELWISATA Pemkab Malang Komitmen Kembangkan Wisata Baru di Pujonkidul



 Beritamalang.co.id – Kesuksesan Desa Pujonkidul di Kecamatan Pujon membangun wisata, membuat Pemerintah Kabupaten Malang semakin berkomitmen dalam mengembangkan desa wisata lainnya. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Malang saat ini tengah memetakan desa wisata yang siap untuk mandiri.

“Sebagaimana Nawacita Presiden Jokowi membangun dari pinggiran, maka desa wisata di Kabupaten Malang tetap jadi andalan,” kata Kadisparbud Kabupaten Malang Made Arya Wedanthara.

Menurutnya, Disaparbud saat ini sedang memetakan desa wisata yang siap dan segera mandiri. Dikarenakan masih banyaknya wisata desa masih dalam tahap rintisan, berkembang, dan maju. Sementara, untuk desa yang dinilai layak menjadi desa wisata mandiri baru ada tiga saja.

“Tahun 2020 ini desa wisata mandiri bisa tambah dua, jadi lima,” imbuhnya.

Made menyebutkan desa wisata akan dikembangkan di Malang Selatan, Barat dan Utara. Selain itu,Disparbud masih dalam pembahasan bersama DPRD Kabupaten Malang. Desa wisata mandiri, kata dia, bisa dilihat dari potensi wisata desa yang sudah dimaksimalkan, banyak kunjungan wisatawan, dan pokdarwis kompak.

“Desa wisata mandiri itu yang sudah dimaksimalkan, sudah ada wisatawan, pokdarwis jalan, desa wisata jalan. Seperti di Ngadirejo, Purwodadi, dan Pniwen,” pungkasnya.