Header Ads Widget

Memahami Lebih Dalam Perusahaan Multinasional di Indonesia



Beritamalang.co.id– Negara Indonesia merupakan Negara yang mempunyai banyak wilayah. Dari sabang hingga merauke tercatat memiliki 34 Provinsi. Pada beberapa wilayah di Indonesia, banyak berdiri perusahaan-perusahaan. Perusahaan yang berdiri tersebut dapat dikelompokkan berdasarkan skala bisnisnya. Salah satu skala perusahaan yang berdiri di Indonesia yaitu multinasional. Perusahaan yang memiliki skala bisnis tersebut biasanya disebut dengan perusahaan multinasional atau Multinasional Company (MNC). Perusahaan yang sudah dikategorikan sebagai perusahan mulinasional termasuk perusahaan yang besar karena telah memiliki berbagai anak perusahaan yang mungkin sudah tersebar di beberapa Negara.
Perusahaan multinasional adalah satu perusahaan besar yang biasanya didirikan di Negara maju lalu memiliki anak perusahaan di berbagai Negara termasuk di Negara bekembang. Meskipun begitu tidak semua perusahaan multinasional pertama kali di Negara maju. Banyak perusahaan yang awalnya menjalankan bisnis di Negara berkembang kemudian usahanya pun akhirnya mendunia.
Perusahaan multinasional sering dinamakan dengan Transnational Corporation (TNC). Padahal PNM dan TNC berbeda. Berikut ini ciri-ciri perusahaan multinasional:
A. Mempunyai anak perusahaan atau cabang di luar negeri.
B. Teknologi Canggih.
C. Kontrol terhadap modal.
D. System manajemen dan distribusi secara global.
E. Memiliki visi dan misi yang mendunia.
Di Indonesia banyak berdiri perusahaan. Salah satunya adalah perusahaan asing dan memiliki banyak cabang yang diizinkan berdiri di Indonesia. Tentunya alasan diizinkannya perusahaan ini karena memiliki beberapa manfaat bagi perkembangan ekonomi dan sosisal di Indonesia. Bebrapa manfaat perusahaan multinasional di Indonesia :
A. Meningkatkan devisa Negara.
B. Mendukung mordenisasi.
C. Mendukung pembangunan nasional.
D. Meningkatkan penghasilan penduduk Negara.
Meskipun bukan Negara maju, Indonesia telah memiliki perusahaan-perusahaan yang sanggup mendirikan cabang di luar negeri dan tak kalah perkembangannya dengan perusahaan asing. Tentunya hali ini mampu mengharumkan nama bangsa dan motivasi banyak orang untuk mengembangkan bisnisnya jauh lebih baik. Berikut ini nama-nama perusahaan multinasional di Indonesia .
A. Semen Indonesia
Merupakan salah satu BUMN yang sudah memiliki status sebagai perusahaan multinasional. Semen Indonesia sudah berhasil mengukuisisi perusahaan asing di luar negeri dan berhasil memasuki pasar Asia Tenggara dan Asia Selatan.
B. Garuda Food
Perusahaan ini merupakan produsen makanan dan minuman yang produknya sering dijumpai dimanapun berada. Garuda Food berhasil melakukan ekspansi ke Negara lain bahkan berhasil mengakuisisi perusahaan gula Fuhua Jinjiang Yonghe.
C. Gojek
Di jaman yang modern ini banyak sekali perusahaan startup yang bermunculan. Perusahaan ini pertama kali muncul di Indonesia dan kini Gojek sudah mampu mendirikan cabang perusahaan di Negara Vietnam, Singapura dan Thailand dengan mengikuti keperluan yang ada di Negara tersebut.
D.Indofood
Indofood merupakan perusahaan dari Indonesia yang terkenal dengan produknya seperti merk Indomie. Indomie ini juga mampu mengikuti konsumen dari berbagai Negara sehingga Indofood memiliki cabang perusahaan di luar negeri seperti Nigeria, mesir dan sebagainya.
Perkembangan bisnis kian pesat dan dinamis. Oleh karena itu perusahaan di Indonesia tidak boleh berhenti berinovasi agar dapat bersaing bahkan juga dapat mengalahkan perusahaan-perusahaan asing. Sekian penjelasan dari perusahaan multinasional yang di Indonesia. Semoga dapat bermanfaat bagi anda dan menambah ilmu untuk mengembangkan bisnis semakin maju dan berkembang secara terus menerus.[