Mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang Serukan Anti Bullying di SMP Tamansiswa Batu

 

Gambar 1 : Kegiatan Penyuluhan Anti Bullying , Sumber : Istimewa

Kegiatan Penyuluhan Anti Bullying yang dilakukan Mahasiswa IKIP Budi Utomo dalam rangka PMBP dan salah satu upaya edukasi kepada para peserta didik di SMP Taman Siswa Kota Batu. Kegiatan pertama diawali dengan berdoa bersama, lalu sambutan dan ucapan terima kasih pada Mahasiswa IKIP Budi Utomo karena telah bersedia dan memberikan penyuluhan terkait Tindakan Bullying yang disampaikan oleh Kepala Sekolah SMP Taman Siswa Bapak Onnyka Abdillah S.Pd dan Ketua Pelaksanana Kegiatan Penyuluhan Anti Bullying Tirza Priscilla Alfianto Program Studi Pendidikan Sejarah dan Sosiologi 2019. Setelah sambutan acara dilanjutkan dengan perkenalan diri oleh masing masing anggota kelompok PMBP 3 dari Program Studi Pendidikan Sejarah dan Sosiologi 2019, serta 1 dari Program Bahasa dan Sastra Indonesia 2019. :
1. Yohanes Bagus Sudarsono, 2. Putri Purwanti 3. Arief Rachman Diharja 4. Uyunul Akbar Ramadani. Adapun kegiatan tersebut dibimbing oleh dosen Puspita Pebri Setiani, M.Pd


Gambar 2 : Mahasiswa IBU giat mensosialisasikan anti bullying pada tri dharma, Sumber : Istimewa

Sesi perkenalan telah dilakukan maka dilanjutkan dengan sesi penyampaian materi terkait Anti Bullying  yang dipaparkan oleh Yohanes Bagus Sudarsono selama 45 menit dan dilanjutkan dengan sesi Ice Breaking dengan waktu 15 menit  yang diberikan oleh Uyunul Akbar Ramadani, Putri Purwanti,dan Arief Rahman Diharja.  Penyuluhan dilaksanakan pada hari Selasa, 14 Februari 2023 di Aula SMP Taman Siswa berjalan dengan baik dan mendapatkan antusias yang luar biasa dari para peserta didik yang berjumlah 43 peserta didik. Bullying merupakan suatu tindakan menyakiti baik fisik ataupun mental seseorang (korban) yang dilakukan oleh seseorang atau kelompok dan didasari oleh kekuasaan.kekayaan.dan lingkungan. Tindakan Bullying sangat marak terjadi akhir akhir ini. Para korban dan pelaku banyak ditemukan di lingkungan sekolah. Bullying dapat menimbulkan dampak yang berbahaya dan jangka panjang bagi anak-anak. Selain efek fisik dari bullying, anak-anak dapat mengalami masalah kesehatan mental dan emosional, termasuk depresi dan kecemasan, yang dapat menyebabkan penyalahgunaan narkoba dan penurunan prestasi di sekolah. Penyuluhan ini dilakukan sebagai edukasi pada generasi muda terkhususnya para siswa siswi di bangku sekolah agar memiliki moral dan ilmu pengetahuan yang baik. Sehingga tindakan bullying tidak lagi berkembang. Setelah kegiatan Ice Breaking dilanjutkan dengan sesi foto bersama dengan perwakilan dari para peserta didik,serta Guru Pendamping dan seluruh anggota kelompok PMBP IKIP Budi Utomo.

Lebih baru Lebih lama