Mahasiswa IBU Aplikasikan PMBP Dengan Pelatihan Bola Volly Untuk Meningkatkan Stamina Siswa SMK PGRI Singosari Di Masa Pandemi



 Kegiatan ekstrakurikuler adalah aktivitas yang dilakukan diluar jam pelajaran (tatap muka) baik dilaksanakan di sekolah atau luar sekolah dengan tujuan memperkaya dan memperluas wawasan pengetahuan dan kemampuan siswa yang sudah dimilikinya. Selain itu, ekstrakulikuler juga untuk meningkatkan potensi, bakat, minat, kemampuan, kepribadian, kerjasama, dan kemandirian siswa secara optimal buat mendukung pencapaian tujuan pendidikan.  Adapun macam – macam kegiatan ekstrakurikuler dalam bidang olahraga yang biasanya diadakan di sekolah seperti sepak bola, bola basket, bulu tangkis, futsal, bola voli dan lain sebagainya.

Adapun salah satu kegitan ekstrakulrikuler olahraga yang diminati siswa kebanyakan saat ini yaitu olahraga bola voli, karena olahraga ini dapat dilakukan oleh semua siswa, baik siswa laki-laki maupun perempuan. Bola voli merupakan cabang olahraga yang cara bermainnya dengan melewatkan bola di atas net, dengan maksud dan tujuannya dapat menjatuhkan bola ke dalam petak lapangan lawan dan untuk mencari kemenangan dalam bermain. Permainan bola dimainkan oleh dua regu yang saling berlawanan, dimana setiap regunya berjumlah 6 orang. Permainan bola voli juga mempunyai teknik-teknik dasar yang terdiri atas servis, passing, blok, dan smash.

Pada sekolah SMK PGRI Singosari kegiatan ekstrakulikuler yang aktif yaitu ekstrakurikuler bola voli. Sehingga pada kegiatan PMBP (Pengabdian Masyarakat Berbasis Potensi) mahasiswa IKIP Budi Utomo melakukan pelatihan ekstrakurikuler bola voli untuk meningkatkan stamina siswa khususnya di era pandemi. Kegiatan ekstrakurikuler ini diikuti oleh siswa laki – laki. Hal ini dikarenakan di SMK PGRI didominasi oleh siswa laki-laki. Ekstrakurikuler bola voli di SMK PGRI Singosari sangat perlu diperhatikan dan dikembangakan karena melihat skill, potensi dan minat yang dimiliki siswa akan permainaan bola voli sangat tinggi dilihat dari kegiatan yang dilakukan dalam setiap minggunya. Olahraga ini mendapat perhatian yang cukup besar baik untuk pencapaian prestasi, maupun untuk meningkatkan kesegaran jasmani. Selain itu, dalam permainan bola voli membutuhkan dasar fisik yang baik tetapi tidak meninggalkan faktor - faktor yang lain seperti teknik, taktik, dan mental pemain.

Pada kegiatan ekstrakurikuler bola voli ini, kondisi fisik memegang peranan yang sangat penting dalam program latihannya. Program latihan kondisi fisik haruslah direncanakan secara baik dan terprogram dan ditujukan untuk meningkatkan kesegaran jasmani dan kemampuan fungsional dari sistem tubuh, sehingga memungkinkan siswa untuk mencapai prestasi yang lebih baik. Adapun kegiatan pelatihan yang dilakukankan dalam ekstrakurikuler bola voli di SMK PGRI Singosari untuk menungkatakan stamina siswa yaitu dilakukan dengan beberapa pelatihan antara lain shuttle run, sprint, lari nanjak, dan lari zig – zag. Kegiatan dilakukan secara berulang ulang sesuai dengan jadwal yang sudah di rencanakan pada kegiatan PMBP yaitu setiap seminggu sekali pada hari sabtu. Selain kegiatan pelatihan dalam peningkatan stamina siswa, tidak lupa dilaksanakan pelatihan teknik dasar dalam permainan bola voli yaitu pelatihan passing bawah, passing atas dan smash serta permainan bola voli di lapangan oleh siswa SMK PGRI Singosari. Dalam pelatihan ini tidak hanya dilakukan pelatihan seperti biasanya, tetapi juga diadakan latihan gabungan dengan sekolah lain yaitu dengan SMK Penerbangan Angkasa

Dapat kita ketahui dari uraian di atas pola hidup sehat dimasa pandemi sangat dibutuhkan, yang bertujuan untuk meningkatkan daya imunitas tubuh bagi setiap orang agar terhindar dari virus covid-19. Salah satu pola hidup sehat yang harus diterapkan adalah melakaukan kegiatan olahraga. Dimana kegiatan tersebut sesuai dengan tujuan kegiatan PMBP yang telah kami dilakukan, salah satunya mengadakan pelatihan  ekstrakurikuler bola voli di SMK PGRI Singosari. Hal ini sangat penting dan memiliki manfaat untuk meningkatkan stamina dalam menjaga kebugaran jasmani siswa, yang merupakan salah satu cara untuk pencegahan dari virus covid – 19. 
x

Lebih baru Lebih lama