Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Indonesia Lolos ke Final Piala AFF 2020 Usai Tekuk Singapura di Semifinal Leg 2

Minggu, 26 Desember 2021 | Desember 26, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-26T14:27:55Z



 Bisnis.com, JAKARTA - Hasil Indonesia vs Singapura di semifinal leg kedua akhirnya dimenangkan Indonesia dengan skor 4-2 sekaligus lolos ke final Piala AFF 2020. Indonesia sebelumnya bermain sama kuat 2-2 dengan Singapura di leg kedua semifinal Piala AFF 2020 hingga pertandingan berakhir. Laga Indonesia vs Singapura harus dilanjutkan hingga babak tambahan. Bermain di National Stadium, Sabtu (25/12/2021) malam, gol Indonesia dibuat oleh Ezra Walian, sementara Singapura mencetak gol lewat kaki Song Ui-young.

Indonesia memulai babak pertama dengan menerapkan tempo dan pressing tinggi yang membuat Singapura tidak bisa mengembangkan permainan.
Indonesia mendapatkan peluang pertama di pertandingan ini lewat Ricky Kambuaya di menit  5. Berawal dari pressing yang berhasil, sepakan Kambuaya berhasil diblok pemain belakang Singapura. Gooollll, Indonesia berhasil menjebol gawang Singapura di menit 11. Kembali lewat pressing yang diterapkan oleh pemain Indonesia, Witan mengirim bola ke dalam kotak penalti yang kemudian disontek Ezra. Indonesia unggul 1-0 atas Singapura.

Kambuaya kembali mendapat peluang di menit 15. Berawal dari tusukan Witan, tendangan Kambuaya masih melambung tinggi. Singapura masih belum bisa mengembangkan permainannya meski mulai bisa membangun serangan dari sisi sayap.

Singapura mulai mengancam di akhir-akhir pertandingan. Bahkan Singapura nyaris membobol gawang Indonesia seandainya Nadeo tidak melakukan penyelamatan. Singapura harus bermain 10 orang pemain setelah Safuwan Baharudin dikartu merah wasit karena dianggap pelanggaran keras di akhir pertandingan. Tapi sayang, keunggulan pemain ini tidak bisa dimanfaatkan oleh Indonesia. Bahkan Singapura berhasil mencetak gol setelah Safuwan dikartu merah lewat sepakan keras Song Ui-young di menit 49 Hingga babak pertama selesai, skor Indonesia vs Singapura 1-1.

Masuk di babak kedua, Indonesia yang unggul jumlah pemain langsung mengendalikan permainan dengan terus menekan pertahanan Singapura. Terjadi momen menarik di menit 58 setelah Asnawi dijatuhkan di kotak penalti, tetapi wasit malah menunjuk sepak pojok. Tendangan sudut ini membuat Rizky Ridho meraih peluang tapi tendangannnya kena tiang. Singapura harus bermain dengan semmbilan pemain pada menit 66 setelah Irfan Fandi menerima kartu merah usai melakukan pelanggaran terhadap Irfan Jaya yang mempunyai peluang mencetak gol. Indonesia malah tertinggal 2-1 dari Singapura yang bermain dengan sembilan pemain. Shahdan Sulaiman mencetak gol cantik lewat tendangan bebas di menit 75 yang tidak bisa dijangkau kiper Indonesia, Nadeo.

Shahdan kembali memperlihatkan kualitasnya dengan melakukan tendangan bebas yang memaksa Nadeo penyelamatan akrobatik di menit 77. Unggul jumlah pemain, Indonesia malah bermain terburu-buru dan tidak bisa membongkar pertahanan Singapura. Gollll, Indonesia berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2 di menit 87. Arhan Pratama yang mendapat rebound menyepak bola dengan tenang ke gawang Singapura. Indonesia vs Singapura 2-2. Drama terjadi di pertandingan ini setelah semenit kemudian Singapura mendapat penalti usai Arhan melanggar pemain di dalam kotak penalti. Tapi Nadeo melakukan penyelamatan heroik dengan menepis tendangan penalti pemain Singapura. Indonesia mendapat peluang berharga di akhir pertandingan, tapi sepakan Irfan Jaya bisa dihalau kiper Singapura. Hingga pertandingan berakhir skor tetap 2-2 dan dilanjutkan ke babak tambahan. Masuk di babak tambahan, Indonesia memulai dengan sempurna setelah unggul 3-2. Berawal dari tusukan Egy yang melepaskan operan, pemain Singapura Shahwal Annuar malah memasukkan bola ke gawang sendiri. Kiper Singapura, Hassan Sunny, bermain sangat baik di pertandingan ini dengan menggagalkan tiga peluang emas dari Evan Dimas, Irfan Jaya, dan Arhan Pratama. Luar biasa Hassan Sunny. Egy Maulana Vikri akhirnya bisa menaklukkan Hassan Sunnydi menit 105 sekaligus membawa Indonesia unggul 4-2 atas Singapura. Pertandingan masuk babak tambahan kedua. Di babak tambahan, Hassan Sunny harus menerima kartu merah usai melanggar Irfan Jaya di menit 118 sekaligus membuat Singapura bermain delapan pemain. Namun Indonesia tidak bisa mencetak gol lagi meski sudah unggul jumlah pemain. Indonesia akhirnya lolos ke final Piala AFF 2020 usai menyingkirkan Singapura dengan skor 4-2. Timnas Garuda akan menanti pemenang antara Thailand atau Vietnam yang akan bermain esok hari. Thailand untuk sementara unggul 2-0 atas Vietnam di leg pertama semifinal Piala AFF 2020. Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong di pertandingan lawan Singapura ini menurunkan susunan pemain terbaik di leg kedua semifinal Piala AFF 2020 yang digelar di National Stadium, Sabtu (25/12/2021) malam. Di posisi penjaga gawang, nama Nadeo Argawinata masih ada di bawah mistar gawang. Di depan Nadeo ada duet Rizky Ridho, Fachruddin, Arhan Pratama, dan Asnawi Mangkualam. Sementara di lini tengah Shin Tae-yong kembali melakukan perubahan dengan memasang Ricky Kambuaya, Ramai Rumangkik, Dewangga, dan Rachmat Irianto. Tidak ada nama Irfan Jaya. Di barisan striker, nama Witan Sulaeman akan menemani Ezra Walian yang menggantikan posisi Dedik. Sementara itu Elkan Baggott, Evan Dimas, dan Egy Maulana Vikri di simpan.

×
Berita Terbaru Update