Header Ads Widget

Inovasi Mahasiswa UM, BRIGFAT: Game Edukasi untuk Materi Kinematika dengan Memanfaatkan Teknologi Augmented Reality

 

Media Pembelajaran Inovatif, Foto Istimewa

Salah satu tim pendanaan PKM-RSH (Program Kreativitas Mahasiswa – Riset Sosial Humaniora) Universitas Negeri Malang (2021) menggagas sebuah inovasi yang termuat dalam judul proposalnya “Educational Game Berbasis Augmented Reality Pada Platform Android Guna Meningkatkan Pemahaman Siswa SMAN 1 Singosari Terhadap Materi Kinematika”. Ide ini kemudian dikemas dalam sebuah aplikasi BRIGFAT.

“BRIGFAT hadir untuk mendampingi pembelajaran kinematika (gerak lurus & gerak melingkar) menjadi pembelajaran yang lebih menyenangkan karena dilengkapi dengan animasi pembelajaran dan 8 mini game. BRIGFAT unggul karena 8 mini game dikemas dengan menggunakan teknologi augmented reality (AR)”, kata Anggun sebagai ketua tim.

Ide game edukasi BRIGFAT didasari oleh hasil pencapaian literasi sains Indonesia dalam pemeringkatan PISA 2018 menduduki peringkat 72 dari 78 negara yang membuktikan bahwa pendidikan di negeri ini sedang tidak baik-baik saja. Di sisi lain, fisika adalah salah satu ilmu sains yang berpengaruh terhadap pesatnya perkembangan teknologi dan salah satu materi fisika yang fundamental adalah kinematika.

Fisika (kinematika) merupakan ilmu yang sangat membantu manusia dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Sayangnya, meski penting, pembelajaran fisika kurang digemari dikarenakan metode serta media yang digunakan pendidik cenderung monoton dan kurang menarik. Oleh sebab itu, dibutuhkan pendekatan pembelajaran yang lebih menyenangkan seperti gamifikasi.

“Hadirnya BRIGFAT diharapkan dapat memberikan konstribusi yang cukup besar dalam pembelajaran fisika guna meningkatkan pemahaman serta minat belajar siswa terhadap fisika khususnya materi kinematika” harap Anggun.



Tim tersebut terdiri dari Anggun Simaremare (Ketua Tim), Dewi Setio (Anggota 1), Fiona Putri (Anggota 2), Sabrina Nabila (Anggota 3), Fatiha Zahra (Anggota 4), yang berasal dari beberapa jurusan di Universitas Negeri Malang, dan dibimbing oleh Bapak Nugroho Adi Pramono, S.Si, M.Sc.