Header Ads Widget

PGSD FKIP UMM "Anjang Sana" Ke Sekolah Alam Pacitan


 Kunjungan PGSD FKIP UMM Ke Sekolah Alam Pacitan, Foto : Istimewa


Pada tanggal 31 April 2021, PGSD FKIP UMM mengadakan kunjungan ke Sekolah Alam Pacitan. Kegiatan ini merupakan serangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh PGSD FKIP UMM seperti sosialisasi Prodi, bakti sosial mandiri, dan sosialisasi merdeka belajar. Ketua program studi PGSD FKIP UMM Ibu Arina, M.Pd mengatakan bahwa demi menunjang kegiatan perkuliahan Jurusan PGSD perlu meningkatkan kepaniteraan dengan stakeholder. Hal ini dimaksudkan bahwa kunjungan tersebut guna mengoptimalisasi peran Perguruan Tinggi dalam memberikan kontribusi bagi stakeholder.

Kegiatan yang diwakili oleh BPH PGSD FKIP UMM, ibu Dr. Siti Fatimah Soenaryo ini merupakan inisiasi yang perlu sustainable dilakukan untuk pengembangan jejaring. Menurutnya, Sekolah Alam Pacitan ini sebagai wadah bagi para akademisi untuk menerapkan ilmu yang telah dipelajari di perguruan tinggi untuk langsung diterapkan di dunia kerja. Selain itu akademisi juga perlu turun langsung melihat kondisi di lapangan. 

Sementara itu, Kepala Sekolah Alam Pacitan, Bangun Naruttama, berkata bahwa Sekolah Alam merupakan salah satu pendidikan non formal yang perlu dapat perhatian, khususnya bagi para akademisi agar dapat menjadi benang merah antara pendidikan formal dan non formal. Bangun Naruttama juga mengatakan bahwa, lulusan Perguruan Tinggi jangan hanya terpaku pada konsep mengajar di pendidikan formal, tidak menutup kemungkinan bahwa lulusan dari Perguruan Tinggi Kependidikan akan ditempatkan di sekolah non formal seperti Sekolah Alam. Jadi perlu ada sebuah paradigma baru agar lulusan perguruan tinggi mampu menciptakan kurikulum bagi pendidikan non formal.