Header Ads Widget

Manfaat Sayur Sawi

 


1. Mengandung antioksidan

Salah satu manfaat sawi hijau yang pertama yaitu sebagai antioksidan bagi tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan pada sel tubuh seseorang. Bahkan, jika tidak ditangani secara serius, efek jangka panjangnya dapat merusak fungsi dan jaringan vital tubuh dan bisa memicu penyakit serius seperti kanker dan diabetes.

 Salah satu kandungan pada sawi hijau, yaitu glutathione, vitamin C, dan vitamin A, serta dapat berperan sebagai antioksidan bagi tubuh.

2. Untuk detoksifikasi

Pola makan yang tidak sehat serta polusi yang tersebar di sekitar pastinya bisa menjadi racun bagi tubuh kita. Nah, sawi hijau sendiri bisa berperan sebagai detoksifikasi alami karena mengandung antioksidan yang dapat mengeluarkan racun dalam tubuh dan membuangnya melalui proses buang air besar.

 Turunan klorofil dalam sawi hijau juga bermanfaat untuk menetralkan logam berat dan bahan kimia yang ada dalam tubuh, sehingga tubuh pun dapat lebih sehat dan terbebas dari racun.

 3. Mencegah kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi tentunya berperan besar pada risiko penyakit jantung. Apalagi, kolesterol jahat kerap menumpuk di pembuluh darah dan dapat menyebabkan arteri menyempit, sehingga mengganggu peredaran darah ke jantung.

 

Dengan mengonsumsi sayuran hijau, kolesterol baik dapat diubah menjadi asam empedu yang dapat membantu memecah lemak dalam makanan. Dengan begitu, jumlah kolesterol jahat dalam tubuh dapat ditekan.

4. Kaya akan serat

Makanan kaya akan serat tentunya dapat membuat tubuh lebih kuat dalam menjalankan aktivitas. Serat akan diubah menjadi energi, sehingga kamu memiliki tenaga dan lebih siap beraktivitas.

 Penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi sawi hijau atau jenis sayuran hijau lainnya cenderung lebih sehat dan terjaga dari penyakit seperti kanker usus besar, wasir, sembelit, serta kolesterol.

 5. Sumber fitokimia, glukosinolat, dan fenol

Sayuran berdaun hijau adalah sumber fitonutrien. Kandungan ini dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Glukosinolat dan fenol yang berlimpah pada sawi hijau juga akan memproteksi tubuh dari dalam.