Header Ads Widget

Dosen IBU Tingkatkan Kemampuan Literasi Siswa SMK Assalam Malang

 

Perkembangan era saat ini telah membuat seseorang menjadi lebih mudah terhubung dengan orang lain. Hal ini bukan saja dengan orang-orang di sekitar kita namun juga pada orang lain yang kita kenal melalui media sosial. 
Perkembangan informasi yang begitu cepat ini membawa banyak nilai yang perlu kita cermati lebih lanjut. Kewaspadaan ini terutama pada remaja yang masih mencari jati diri dan mencoba berbagai macam hal. 
Literasi atau kemampuan individu dalam mengolah informasi dan pengetahuan yang masuk merupakan syarat mutlak dalam menjalani kehidupan di era teknologi informasi ini. Kemampuan ini penting dikuasai terutama pada remaja yang gemar menghabiskan waktu di media sosial.
Bertajuk "Peningkatan Literasi untuk Milenial", kegiatan yang dilaksanakan oleh sejumlah tenaga pengajar IKIP Budi Utomo Malang ini menyasar para siswa  SMK Assalam Bantur, Desa Sukosari Rejoso, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Peningkatan literasi para siswa di bidang literasi ini dianggap sebagai hal yang penting untuk ditingkatkan.
Kegiatan ini berjalan sejak 29 Maret hingga 28 April 2021 mendatang. Terdapat empat dosen IKIP Budi Utomo Malang yang terlibat yaitu Sri Fatmaning Hartatik, S.S., M.Pd., Winin Maulidya S, S.Pd., M.Si, Hernina Dewi Lestari, M.Pd,
"Mengapa literasi digital ini penting? karena di masa sekarang kita berada di era yang sudah borderless and timeless connection serta adanya global interaction dan global competition dalam kehidupan," terang Sri Fatmaning Hartatik, S.S., M.Pd.
Dosen jurusan Pendidikan Bahasa Inggris ini menjelaskan bahwa terdapat sejumlah kemampuan literasi yang penting untuk dikuasai. Hal ini meliputi literasi berkebangsaan, literasi digital, literasi keuangan, literasi bahasa, dan literasi beragama.
"Kalau untuk literasi beragama, saya sudah tidak perlu khawatir karena you are the expert," terangnya.
Lebih lanjut, untuk meningkatkan kemampuan literasi ini, dia mengungkap berbagai cara yang bisa dilakukan oleh para siswa SMK Assalam.
"Cara meningkatkan literasi yang pertama adalah dengan membaca. Kemudian, kalian juga bisa mencari pengalaman maupun mengikuti kursus online. Hal penting lain yang bisa dilakukan adalah dengan berkuliah," tandasnya.