Pesona Candi Kidal

 


Lokasi Candi Kidal terletak di desa Rejokidal, kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Dari kota malang jaraknya sekitar 15 km arah tenggara, berada di pinggir jalan raya Tumpang ke Tajinan. Untuk menuju ke Candi Kidal sanggup memakai kendaraan langsung sampai lokasi candi.

Candi Kidal berada di tempat pemukiman penduduk, hanya dibatasi dengan pagar pemisah. Masuk kedalam area candi Kidal nampak terpelihara, suasananya asri dan bersih. Di bab depan terdapat pos penjaga dan tempat parkir sepeda motor. Disediakan juga kemudahan WC dan ruang informasi.

 

Untuk masuk area candi kidal tidak dipungut biaya, tetapi bagi pengunjung yang ingin membantu perawatan Candi, sanggup menyisihkan proteksi sukarela. Selain itu pengunjung yang tiba juga diminta mengisi buku tamu, sebagai data.

Sedikit mengulas sejarah keberadaan Candi Kidal. Candi Kidal merupakan peninggalan Kerajaan Singosari, sebagai tempat pendharmaan (persemayaman bubuk jenazah) Raja Anusapati yang meninggal pada tahun 1248 M. Anusapati ialah raja kedua dari Kerajaan Singhasari, yang memerintah selama 20 tahun (1227 – 1248). Candi ini final dibangun diperkiraan pada tahun 1260 M, yaitu pada dikala upacara sradha yang dilakukan 12 tahun sesudah Anusapati wafat.

Arsitektur Candi Kidal mempunyai bentuk khas budaya Jawa Timuran, dengan latar belangkang candi Hindu. Candi ini dibentuk memakai watu andesit dengan dimensi geometris vertikal. Bagian dindingnya dipenuhi dengan relief, menyerupai diatas pintu masuk nampak menonjol pahatan kepala kala, nampak menakutkan dengan mulut  bertaringnya menganga dan mata besarnya melotot tajam, seolah mengawasi setiap orang yang tiba dan siap menjaga bangunan candi. Pada sisi luarnya yaitu timur, utara dan selatan terdapat pahatan relief kepala garuda, relief ini menggambarkan dongeng garudeya.

Secara keseluruhan bangunan candi mempunyai ukuran panjang 10,8 meter, lebar 8,36 meter dan tinggi 12,26 meter. Bagian dalam candi merupakan ruangan kosong yang dulunya terdapat arca Dewa Siwa, sayangnya arca setinggi 1,23 meter tersebut diduga dikala ini berada Royal Tripical Institute, Amsterdam.

Bagi anda yang berkunjung ke Malang, tidak ada salahnya menyempatkan diri untuk berwisata sejarah ke Candi Kidal, Tumpang, Malang.

Sumber:

Lokasi candi Kidal, Tumpang, Malang

 

Lebih baru Lebih lama