Penyuluhan Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba dan Pola Hidup Sehat di SMP NU RIYADLUL QUR’AN Kecamatan Ngajum Kepanjen


 


 

 


Gambar 1 Kegiatan penyuluhan pencegahan penyalahgunaan Narkoba 

            Semakin meningkatnya permasalahan narkoba dan gaya hidup tidak sehat di kalangan generasi muda merupakan tantangan serius bagi kita semua. Mengantisipasi hal tersebut, Universitas Insan Budi Utomo dalam program PMBP bersama mahasiswa angkatan 2020 dengan SMP NU RIYADLUL QUR’AN yang beralamat jl Sunan Ampel, Ngasem Kec. Ngajum, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Berkomitmen menjadikan SMP NU SMP NU RIYADLUL QUR’AN sebagai tempat belajar akademis dan juga sebagai lingkungan yang mendukung pertumbuhan holistik siswa. Maka dalam program ini mahasiswa UIBU memfokuskan pada penyuluhan pencegahan penyalahangunaan narkoba dan pembentukan pola hidup sehat.

            PMBP UIBU mengambil langkah-langkah proaktif dalam menangani isu-isu kritis dengan mengintegrasikan pendekatan Pendidikan dan Kesehatan. Karena narkoba telah menjadi ancaman serius bagi semua generasi terutama generasi muda. Bersama mahasiswa Universitas Insan Budi Utomo Malang yang dibimbing oleh Ibu Puspita Pebri Setiani, S,Pd.,M.Pd. 

            Penyuluhan pencegahan penyalahgunaan narkoba yang pertama adalah edukasi siswa, siswa diberikan pemahaman mendalam tentang jenis-jenis narkoba, dampaknya terhadap tubuh dan pikiran, serta strategi untuk menghindari godaan narkoba dan konsekuensi jangka panjangnya dengan menyuguhkan presentasi dan video-video.Kedua penguatan nilai agama siswa dengan mengajarkan nilai-nilai agama yang kuat, yang mencakup penekanan pada kebersihan, spiritual dan mental, serta menghindari segala bentuk perilaku yang merusak diri sendiri. Ketiga adalahpengembangan minat dan bakat melalui kegiatan ekstrakurikuler yang beragam, seperti seni, olahraga, siswa diarahkan untuk menghabiskan waktu mereka dengan aktivitas yang positif dan bermanfaat, sehingga tidak tergoda untuk mencoba narkoba.

 

            Dalam program ini  mahasiswa yang terdiri dari Bagus Sugiarto (2201000510191), Setyosu afandi (2201000510174) prodi Pedidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, I'annatus Sholikhah (2201000430025), Herni Perwita Sari (2201000430047) prodi Pendidikan Sejarah Dan Sosiologi,  juga memberikan pemahaman pembentukan Pola Hidup Sehat dengan penyampaian materi yang menarik mengajak siswa berinteraksi agar mereka tidak jenuh. Siswa diberikan pemahaman yang baik tentang pentingnya pola makan sehat dan keseimbangan nutrisi. Siswa- siswi diajarkan untuk memilih makanan yang bergizi dan menghindari makanan yang tidak sehat. Hal tersebut juga diimbangi dengan olahraga rutin kegiatan olahraga sebagai bagian integral dari kurikulum dan kegiatan sekolah. Hal ini tidak hanya membantu siswa menjaga kesehatan fisik tetapi juga meningkatkan kesejahteraan mental mereka.

 


Gambar 2 Kegiatan Senam Jantung Sehat

            Dengan pendekatan komprehensif ini, Mahasiswa UIBU dengan SMP NU RIYADLUL QUR’AN berupaya untuk membentuk generasi muda yang tangguh, sehat, dan terhindar dari bahaya narkoba. Dampak positif dari PMBP UIBU salah satunya  terlihat dari antusias siswa-siswa dalam melaksanakan senam jantung sehat bersama dengan tim dan koreo yang bagus.  Program ini bukan hanya memberikan informasi, tetapi juga tentang membentuk karakter dan pola pikir yang sesuai dengan nilai-nilai kesehatan dan kesadaran sosial. Ini bukan hanya tanggung jawab sekolah, tetapi juga tanggung jawab bersama orang tua, masyarakat, dan pemerintah. Dengan kolaborasi yang kuat, kita dapat menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung bagi masa depan anak-anak kita.

 

 

Lebih baru Lebih lama