Polresta Gelar Rakor Penanganan PMK Jelang Idul Adha



Polemik wabah Penyakit Mulut dan Kaki (PMK) yang mengerang hewan kurban terus memanas jelang Idul Adha 2022 ini. Kini Polresta Malang Kota mulai menggelar Rakor penanganan wabah PMK bersama stakeholder di Kota Malang pada Rabu (22/6/2022).

Rakor yang diikuti oleh sekitar 25 peserta itu dipimpin langsung oleh Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Budi Hermanto. Penyediaan tempat karantina hewan menjadi salah satu topik yang di bahas.

Selain itu, upaya  meminimalisir penyebaran PMK  menjadi inti pembahasan. Kemudian, sambil menunggu vaksin PMK tiba, upaya pengobatan akan diperkuat dengan pemberian vitamin kepada hewan. “Kedepannya kami berharap para dokter hewan dan fakultas  yang ada di wilayah Kota Malang dapat terlibat membantu para peternak hewan dalam hal kesehatan  hewan,” ujar Kombes Pol Budi Hermanto. 

 Ia mengatakan, Polres Malang dan Kodim Kota Malang juga siap  membantu Pemkot Malang memerangi wabah PMK di Kota Malang. 

 “Kami  TNI dan Polri  akan mendukung dan bekerja sama dengan  peternak untuk mengatasi wabah yang ada saat ini,” jelasnya. 

 Pihaknya juga akan terus memantau harga hewan menjelang Idul Adha 2022. Selain itu, pengawasan keutuhan Sertifikat Kesehatan Hewan (SKKH) ditingkatkan untuk penyalaan hewan kurban. 

 “Melalui konferensi ini, kami ingin membantu para peternak dan mencapai hasil yang penting guna memberikan solusi  jelang Idul Adha nanti,” imbuhnya.

Lebih baru Lebih lama