Mahasiswa IKIP Budi Utomo Kenalkan Anak-Anak Desa Marsebutata Metode Syntaxis Aku Cepat Membaca

 



Pada hari Selasa 8 februari  2022, Yohana Ende, Merita Ria Ina, Trivonia sila, Maria Angreni Bria, Mahasiswa jurusan Pendidikan Sejarah & Biologi IKIP Budi Utomo Malang Mengadakan kegiatan Pegabdian Kepada Masyarakat. Kegiatan tersebut juga sebagai bentuk pelaksanaan program Pengabdian Kepada Masyarakat Berbasis Potensi (PMBP) Sebagai prasyarat dalam menempuh pendidikan sarjana. Mahasiswa t Membimbing siswa SD dalam kegiatan membaca dan  menulis di Desa Mrsebutata Loko,Kabupaten Sumba Barat Daya,Kecamatan Wewewa Utara. Bimbingan dengan menggunakan metode syntaxis aku cepat membaca method atau dengan pengenalanan kalimat global disertai perpaduan warna. Hal ini merupakan suatu proses memberi bantuan pada individu agar individu itu dapat mengenal dirinya dan dapat memecahkan masalah dirinya sendiri sehingga ia dapat menuntaskan problematika literasi. Bimbingan tersebut juga mempunya tujuan sebagai proses agar siswa bertanggung jawab menilai kemampuannya sendiri dengan menggunakan pengetahuan secara efektif dan semua potensi siswa berkembang secara optimal.

Bimbingan tersebut dilakukan pada siswa yang memiliki masalah belajar dan dilakukan secara bersama-sama sedangkan untuk bimbingan khusus individu dilakukan secara pribadi pada waktu dan tempat yang khusus. Kedua jenis bimbingan ini dapat membantu siswa sesuai dengan masalah yang dihadapi siswa. Selain itu bimbingan juga mempunyai fungsi penting di antaranya membantu siswa memperoleh pendidikan yang sesuai dengan minat dan bakat dan bimbingan membantu para orang tua siswa untuk meningkatkan hasil belajar yang baik dan berupaya agar para siswa tidak mengalami kegagalan belajar serta memberikan pelayanan dengan perbedaan individu di antara siswa.Jenis bimbingan belajar yang kami laksanakan adalah bimbingan secara berkelompok atau bersama-sama melalui orang tua siswa, orang tua siswa diberikan penjelasan dan diberi bimbingan sampai memahami dan menemukan jawaban dari masalah yang dihadapi. Di sini kami bertindak sebagai fasilitator, siswa dan orang tua dilatih untuk menyelesaikan masalahnya sendiri, bila sewaktu-waktu diperlukan akan diarahkan untuk menemukan jawaban sendiri. Hasil yang didapatkan adalah siswa maupun orang tua siswa menjadi lebih semangat dalam belajar dan termotivasi untuk mengerjakan tugas sekolah.

Bimbingan dengan menggunakan metode syntaxis ini juga bertujuan untuk meningkatkan giat literasi masyarakat di di desa mata loko,Kabupaten Sumba Barat Daya,Kecamatan Wewewa Utara. Tujuan pemerintah setempat adalah untuk menuntaskan masalah keaksaraan fungsional ini. Harapannya mahasiswa sebagai agen perubahan dapat berpartisipasi mewujudkan tujuan pemerintah setempat.
Lebih baru Lebih lama