Mahasiswa IBU Mengadakan Bimbingan Belajar Mengaji AL-Qur’an dan Hapalan Surat Pendek di SMP Aisyiyah Muhammadiyah 3 Malang

Pada tanggal 2-18 Januari  2022, WitaPrianti (Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika),  Melin  (Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), Yana (Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), Tika Mayangsari  (Mahasiswa Jurusan PJKR), Agung Pranoto (Mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi) IKIP Budi Utomo Malang mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat. Kegiatan tersebut juga sebagai bentuk Pelaksanaan Program Pengabdian Masyarakat Berbasis Potensi (PMBP) sebagai prasyarat dalam menempuh pendidikan sarjana. Dalam kegiatan tersebut para mahasiswa melakukan kegiatan bimbingan belajar membaca dan hapalan  Al-Qur’an di SMP  Aisyiyah Muhammadiyah 3 Malang. Bimbinganbelajarhapalan Al-Qur’an yang dilakukansetiapminggu agar siswa dapat lebih lancar dalam membaca dan menghapal  Al-Qur’an.

Kegiatan membaca dan menghapal Al-Qur’an dilakukan dari juz 30 yang dimulai dari surah An-Naba’. Namun untuk kegiatan membaca Al-Qur’an ada sebagian siswa yang menysuaikan dengan bacaan  yang  telah merekabaca di rumah. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bantuan kepada siswa untuk dapat lebih mengingat dan  mengenalisis isi dalam  Al-Qur’an.  Bimbingan hapalan  Al-Qur’an tersebut juga mempunyai tujuan sebagai proses meningkatkan semangat siswa dalam membaca Al-Qur’an. Bimbingan belajar hapalan Al-Qur’an yang  kami  laksanakan ini adalah salah satu bimbingan  yang dibantu olah beberapa guru agama yang terdapat di SMP Aisyiyah Muhammadiyah 3 Malang yang dimana beliau sebagai mentor kami.

Dalam kegiatan  ini dibagimenjadi 4 kelompok kelas mengaji setiap kelompok terdiri dari satu orang  mentor dan mahasiswa. Dalam satu kelompok terdapat 20 siswa yang terdiri dari kela stujuah,  delapan dan sembilan. Dari 20 siswa tidak semua siswa bisa membaca Al-Qur’an, namun ada 5 orang siswa yang  masih Iqro dan memerlukan bimbingan ekstra dalam hapalan al-quran. Tetapi hal tersebut tidak mematahkan semangat para siswa dalam membaca dan menghapal  Al-Qur’an. Hal diajarkan dalam proses bimbingan belajar Al-quran tidak hanya sekedar membaca dan menghapal Al-Qur’an saja. Tetapi juga mengajar bagaiman cara membaca huruf-huruf Al-Qur’an sesuai dengan tadjwid  yang benar. Seperti panjang pendek, dan tata cara berhenti dalam membaca Al-Qur’an.

Kegiatan bimbingan belajar Al-Qur’an dimulai dari pukul 07.30-08.30 WIB. Sebelum bimbingan belajar Al-Qur’an dimulai, diawalai dengan membaca doa dan surah Al-Fatihah, Al-Ikhlas, dan Al-Falaq.Kegiatan inti diawali dengan membaca Al-Qur’an dan dilanjutkan dengan setor hafalan  Al-Qur’an. Kemudian diakhiri dengan doa majelis dan salam. Setiap siswa diberikan satu lembar laporan  yang  menunjukan ayat dan surah yang telah mereka baca dan hapal setiap minggunya. Setiap siswa yang hadir diwajibkan untuk menggunakan  masker sesuai dengan tata aturan  yang  telah ditetapkan pada saat pandemi pada saat ini. Hasil yang didapatkan adalah siswa menjadi lebih semangat lagi dalam membaca  Al-Qur’an dan menjadi termotivasi lagi dalam belajar Al-Qur’an

Lebih baru Lebih lama