Header Ads Widget

PGSD UMM - Pendidikan Sejarah dan Sosiologi IBU Kembangkan Pembelajaran Berbasis Podcast

 

Sigap Perubahan : Kolaborasi PGSD UMM - PSS IBU dalam Melaksanakan Inovasi Pembelajaran Berbasis Podcast, Foto Istimewa

Kemarin 5 April 2020, Jurusan PGSD-UMM dan Pendidikan Sejarah dan Sosiologi IKIP Budi Utomo Malang bekerja sama dalam mengembangkan pembelajaran berbasis Podcast. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran terutama pada era revolusi industri 4.0 yang menuntut kesigapan dalam konteks melek tekhnologi. Selama ini, pembelajaran yang bersifat kaku memang harus ditinggalkan. Tuntutan pasar dalam era digital sangat menuntut kompetensi mahasiswa unggul secara akademik dan tekhnologi. Podcast dapat mewadahi keduanya.

Selain itu, Podcast memang sedang tren di kalangan milenial, jika digabungkan dalam media pembelajaran, tentu akan menunjang ketuntasan capaian pembelajaran bagi mahasiswa. Bagi Dosen pengembang mata kuliah : Dr. Siti Fatimah Soenaryo, M.Pd kegiatan podcast dapat menjangkau kalangan yang lebih luas, karenanya unsur terpenting dalam penyampaian materi pembelajaran dapat diterima oleh berbagai kalangan tidak hanya pada pembelajar, tetapi akan sampai kepada stakeholder dan pasar.

Dosen PGSD FKIP - UMM Bety, M.Pd juga mengingatkan bahwa Pembelajaran Interaktif juga sebagai bentuk dukungan terhadap output mahasiswa seperti PKM, Skripsi dan Jurnal. Selain itu pengembangan ini juga bentuk penguatan kerjasama institusi dengan PT lain. Perwakilan mahasiswa IBU juga menyambut positif sebagai sarana pengembangan diri yang nantinya dipersiapkan untuk menghadapi lingkungan kerja, mereka juga berharap kegiatan ini dapat berkelanjutan dan berkembang terhadap difusi inovasi pembelajaran,