Header Ads Widget

Bagaimana Memulai Podcast

 


Pada bagian bagaimana memulai podcast ini kami akan membahas beberapa hal, diantaranya :

  • Perangkat keras (hardware) untuk membuat podcast
  • Perangkat lunak (software) untuk membuat podcast
  • Alur kerja podcast

Perangkat keras (hardware) untuk membuat podcast

Tidak ada batasan perangkat keras untuk membuat podcast. Bahkan hanya dengan handphone biasa (bukan smartphone) pun bisa, asalkan ada aplikasi perekam suaranya. Namun yang perlu Anda perhatikan di sini adalah bahwa podcast ini didengarkan oleh banyak orang, maka mau tidak mau Anda harus mempertimbangkan kualitas dari audio yang Anda rekam. Tujuannya supaya para pendengar Anda nyaman mendengarkan suara Anda di podcast.

Untuk itu dalam rangka mendapatkan kualitas audio podcast yang terbaik ada beberapa perangkat keras yang kami rekomendasikan untuk Anda, diantaranya :

  1. Taffware Mic atau Samson Go Mic, bila tidak ada Anda bisa menggunakan microphone bawaan dari laptop ataupun smartphone Anda.
  2. Laptop atau komputer desktop atau handphone yang bisa untuk merekam suara. Tetapi pastikan soundcard pada perangkat Anda bisa berfungsi dengan baik.

Perangkat lunak (software) untuk membuat podcast

Selain perangkat keras dalam membuat podcast Anda juga perlu perangkat lunak. Dan berikut ini beberapa perangkat lunak yang bisa Anda persiapkan :

  • Audacity. Ini digunakan untuk merekam dan mengedit audio melalui komputer. Bisa Anda gunakan di Mac, Linux maupun Windows dan ini 100% gratis.
  • Hokusai. Kalau Anda menggunakan iPhone atau iPad aplikasi ini bisa Anda gunakan untuk merekam dan mengedit audio Anda sebelum Anda upload.
  • Podcast Hosting. Podcast hosting adalah sebuah perangkat lunak berbasis website yang berfungsi untuk menyimpan podcast Anda agar bisa didengarkan oleh orang lain. Untuk podcast hosting ini ada banyak pilihan mulai dari yang gratis hingga berbayar. Kalau Anda bingung mau pakai yang mana, kami rekomendasikan untuk mengguanakan Soundcloud, Podbean, Blubrry atau Libsyn.
  • Image editor seperti Photoshop, GIMP, Canva atau Pablo dari Buffer.