Header Ads Widget

4 Fitur Keamanan Whatsapp

 


Hindustan Times, Sabtu, 6 Februari 2021, melaporkan WhatsApp juga memiliki fitur keamanan lain yang merupakan tambahan dari teknologi enkripsi end-to-end. Berikut fitur tersebut dan cara menggunakannya: 

1. Verifikasi dua langkah

Seperti layanan media sosial Facebook, Instagram, dan layanan email, WhatsApp juga dilengkapi dengan fitur verifikasi dua langkah. Fitur ini menambahkan lapisan perlindungan tambahan dengan mengharuskan pengguna memasukkan PIN enam digit saat mengatur ulang dan memverifikasi akun WhatsApp mereka.

Fitur ini membantu mencegah akun WhatsApp pengguna diakses jika kartu SIM dicuri atau nomor telepon mereka disusupi. Cara menggunakannya, buka aplikasi WhatsApp, pilih Pengaturan, ketuk Akun, lalu Verifikasi dua langkah, dan Aktifkan. 

2. Touch ID atau Face ID

WhatsApp juga memungkinkan penggunanya menambahkan lapisan keamanan ekstra dengan Touch ID dan Face ID untuk iPhone. Sedang pengguna Android hanya bisa menggunakan kunci sidik jari.

Pengguna juga bisa memutuskan apakah ingin WhatsApp mengunci secara otomatis dari aplikasi segera setelah menutup aplikasi, atau setelah berbagai pilihan jangka waktu.

Cara menggunakannya, cukup buka Pengaturan WhatsApp. Ketuk Akun, pilih Privasi, lalu Kunci Layar, dan aktifkan Touch ID atau Face ID. Setelah itu pilih berapa lama WhatsApp dapat berada dalam mode siaga sebelum Touch ID atau Face ID diperlukan. 

3. Pengaturan privasi grup

WhatsApp hadir dengan pengaturan Privasi Grup khusus yang memungkinkan pengguna mengontrol siapa yang dapat menambahkan mereka ke grup WhatsApp. Cara menggunakannya, buka Pengaturan, ketuk Akun, Privasi, dan pilih Grup, setelah itu pilih salah satu dari tiga opsi: "Semua Orang", "Kontak Saya", atau "Kontak Saya Kecuali".

Kontak Saya, berarti hanya kontak pengguna yang tersimpan dalam ponsel yang dapat menambahkan ke grup. Kontak Saya Kecuali memberikan kontrol tambahan untuk siapa di antara kontak pengguna yang dapat menambahkan ke grup. 

4. Profil privasi

WhatsApp juga memungkinkan pengguna untuk mengontrol detail apa yang mereka bagikan dengan orang lain di profil pribadi mereka, apakah itu semua orang, hanya kontak mereka, atau siapa pun. Kapan pun, pengguna dapat membatasi Dilihat Terakhir, Foto Profil, Tentang, dan Status dalam menu pengaturan privasi WhatsApp.

HINDUSTAN TIMES